Selasa, 18 Oktober 2016

LASKAR MERAH PUTIH-MAC CIPONDOH PEDULI LINGKUNGAN

Minggu , 9 November 2016

Untuk mencegah wabah Deman berdarah yang di bawa nyamuk Aedes Aegypti 




    yang kian ada di musim hujan seperti sekarang ini maka,Forum Bersama Laskar Merah Putih Markas Anak Cabang Cipondoh yang di ketuai Bapak Hamdani bersama warga Perumahan Cipodoh Makmur melakukan aksi kegiatan kerja bakti untuk membersihkan saluran air got dari sampah dan mengubur sampah yang dapat menampung genangan air di perumahan Cipondoh Makmur tepatnya di Rt.002 Rw.007.









    Bapak Sulis selaku Ketua Rt.002 Rw.007 pun ikut serta dalam kegiatan ini , Bapak Hamdani selaku Ketua Markas Anak Cabang Forum Bersama Laskar Merah Putih Cipondoh turut mensosialisasikan cara mencegah berkembang biak nya si pembawa wabah demam berdarah itu dengan cara 3M yaitu :

Menguras
Yaitu menguras tempat penampungan air secara rutin, minimal jika air sudah mulai keruh, seperti bak mandi dan kolam. Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi perkembangbiakan dari nyamuk yang membawa potensi demam berdarah. Air yang kruh dan jarang dikuras tempatnya merupakan tempat yang bagus bagi nyamuk untuk bertelur dan menempatkan jentik-jentiknya untuk berkembang biak. 

Menutup
Yaitu menutup tempat-tempat penampungan air, khususnya yang menjadi konsumsi tiap hari. Umumnya, untuk daerah perdesaan, tampungan air jarang sekali dikuras karena kondisi tidak memungkinkan. Jangankan dikuras, air berkurang saja harus segera diisi kembali karena memang merupakan tempat cadangan air untuk keperluan sehari-hari. Tempta-tempat seperti ini harus ditutup agar nyamuk tidak bisa meletakan telurnya kedalamnya mengingat nyamuk pembawa penyakit demam berdarah sangat menyukai air yang bening.

Mengubur
Yaitu mengubur barang – barang yang tidak terpakai yang dapat memungkinkan terjadinya genangan air. Barang-barang tersebut dapat meliputi botol bekas, kaleng cat, plastik, dan aneka barang-barang tak terpakai lainnya, yang berada di halaman maupun dalam rumah, yang memungkinkan nyamuk bertelur di dalamnya. Jika tidak, jual saja barang-barang tersebut ke tukang loak.

Kami harap kegiatan ini dapat berjalan dan dilaksanakan secara rutin demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat khusus nya di wilayah Rt.002 Rw.007 dan saya secara pribadi pun mengucapkan terima kasih kepada Forum Bersama Laskar Merah Putih Cipondoh atas partisipasi dan kerjasama nya untuk melakukan kegiatan ini di wilayah Kami "ujar Bapak Sulis selaku Ketua Rt.002 Rw.007,





Penulis : Alviando Prasetya (Sekretaris FB-LMP Marcab Kota Tangerang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar